-->

7 Tips Traveling Ala Mahasiswa

tips traveling untuk mahasiswa
7 Tips Traveling ala Mahasiswa by FISA
Hallo sobat FISA..

Apa kamu seorang mahasiswa?

Jika iya, berarti kamu juga suka menunggu liburan semester tiba bukan?

Yah, liburan semester memang menjadi salah satu moment yang ditunggu-tunggu oleh setiap mahasiswa setelah lelah menjalani berbagai macam aktivitas perkuliahan dan tentunya setelah melewati ujian akhir semester. Karena di saat inilah kita bisa bisa melepas rasa penat dengan bersantai dan bersenang-senang.

Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk melepas rasa penat itu. Di dunia ini ada banyak tempat seperti pantai, pegunungan dan lain-lain yang bisa kamu jelajahi. Jangan cuma media sosial saja yang dijelajahi. Karena, diluar sana ada tempat-tempat indah yang menunggu utuk di explore.

Nah, ngomongin soal piknik, pasti ada satu hal yang selalu menjadi kendala bagi kebanyakan mahasiswa.

That is budget.

Yah, budget memang selalu menjadi sebuah kendala. Bukan hanya bagi mahasiswa namun juga bagi kebanyakan orang. Tapi, kamu tidak perlu khawatir. Karena piknik tidak selalu membutuhkan biaya yang ekstra dan tentunya kamu bisa tetap merasakan nikmatnya sebuah piknik walau hanya bermodalkan niat ataupun bekal seadanya.

Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar kegiatan piknik-mu bisa berjalan lancar, hemat dan efisien.

1. Niatkan dan Buat Sebuah Perencanaan


Niat is number one. Yups, apapun itu jika kita tidak memiliki niat untuk melakukannya, pasti tidak akan pernah terwujud. Selain itu, kamu juga harus membuat rencana perjalananmu jauh-jauh hari. Tentukan tempat yang akan kamu kunjungi, hal-hal apa saja yang perlu dibawa dan lain sebagainya.

Walaupun terkadang sesuatu yang direncanakan tidak sesuai dengan harapan bahkan berujung pada sebuah kegagalan. Tapi setidaknya, dengan membuat perencanaan yang baik, kamu bisa menabung dari jauh-jauh hari.

2. Pilih Tanggal Yang Tepat


Pemilihan tanggal yang tepat juga perlu kamu lakukan, karena hal itu berpengaruh pada kepuasan perjalanan wisatamu. Siapa sih yang suka liburan ke tempat wisata tapi ramainya pake banget?

Karena itulah, jangan melakukan perjalanan wisata di saat musim liburan. Selain jumlah pengunjung yang bertambah berkali-kali lipat, harga tiket dan akomodasi juga akan menjadi lebih mahal dibandingkan dengan hari-hari biasanya.

3. Bawalah Perbekalan dari Rumah


Kalau kamu tidak ingin boros selama di perjalanan, maka bawalah perbekalan dari rumah. Kamu bisa membawa makanan yang bersifat tahan lama seperti roti, makanan ringan, mie instan ataupun yang lainnya. Hal ini akan menekan budget yang kamu keluarkan. Karena biasanya makanan yang dijual di pinggir jalan dan tempat wisata memiliki harga yang mahal.

Nah, kalau kamu lapar dan ingin mencari makan, usahakan untuk tidak makan di restoran. Carilah warteg atu tempat-tempat makan yang biasa saja. Selain harganya lebih murah, kamu juga bisa mencicipi berbagai macam makanan khas yang ada di daerah setempat.

4. Berfikir Kreatif


Tak ada pohon, akarpun jadi

Yah, istilah ini memang sangat cocok untuk kamu yang memiliki banyak kendala untuk bisa traveling. Manfaatkan segala sesuatu yang kamu punya, teman atau saudara misalnya. Kamu bisa mencari tempat tujuan wisata yang di daerah itu ada teman atau saudaramu. Daripada mencari penginapan seperti di hotel, lebih baik menginap di rumah mereka. Toh, kamu tidak setiap saat pergi ke tempat mereka, justru mereka akan senang bila rumahnya dikunjungi oleh teman ataupun saudaranya. Lumayan kan buat ngirit biaya makan dan nginap. Jangan lupa juga untuk memanfaatkan diskon yang di sediakan oleh berbagai macam tempat wisata di setiap saat.

5. Manfaatkan Teknologi Yang Ada


Saat ini kamu sudah berada di zaman yang serba modern. Kamu tidak perlu lagi pusing-pusing mencari tour guide yang sesuai untuk tujuan wisatamu. Cukup manfaatkan saja internet dan smartphonemu.

Ya, saat ini kita memang sudah sangat dimudahkan dengan berbagai macam aplikasi yang hadir di smarphone kita, salah satunya adalah google maps. Kamu bisa menggunakannya untuk mencari rute perjalanan ke tempat yang akan dituju. Selain itu, jika kamu ingin menambah wawasan seputar sejarah, cerita atau spot-spot yang menarik seputar tempat objek wisata yang kamu kunjungi, tanyakan saja kepada mbah google. Terkadang informasi bermacam-macam yang kita dapatkan dari internet jauh lebih menarik dibandingkan dengan keterangan yang diberikan oleh Tour Guide.

6. Jangan Membeli, Cukup Pinjam atau Sewa



Ketika kita mau treveling, biasanya kita perlu menyiapkan berbagai macam peralatan. Terlebih apabila kita mau melakukan perjalanan yang bersifat petualangan seperti diving dan hiking. Atau melakukan perjalan kerumah calon mertua, itu juga termasuk sebuah perjalanan yang menantang lho. Wkwk...

Siapkan segala perlengkapan yang akan kita butuhkan, tak usah mengeluarkan uang banyak untuk membelinya. Terlebih biasanya perlengkapan yang digunakan untuk perjalanan yang bersifat petualangan seperti tas carrier,sleeping bag dan tenda dibandrol dengan harga yang cukup mahal. Jadi, pinjam saja ke teman ataupun saudara yang memilikinya. Jika tidak ada, maka carilah tempat-tempat yang menyewakan perlengkapan traveling. Toh, kita tidak membutuhkannya setiap hari.

7. Cari Oleh-Oleh? Beli di Pasar Saja


Ketika kita berkunjung ke suatu tempat terkadang kita pasti ingin membawa oleh-oleh, entah itu untuk teman, keluarga ataupun disimpan sendiri. Nah, daripada membeli di toko, lebih baik membelinya di pasar. Karena oleh-oleh atau souvenir yang dijual jelas lebih murah. Tapi, kamu juga harus pandai dan jeli dalam menawar atau memilih barang yang dibeli, agar tidak salah pilih dan mendapatkan barang yang jelek.

Nah, itulah 7 tips traveling ala mahasiswa yang bisa kami share ke kalian.

Semoga bermanfaat.

0 Response to "7 Tips Traveling Ala Mahasiswa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel