-->

8 Pengingat Untuk Menjaga Semangat dan Memotivasi Diri Menjadi Seorang Pengusaha

pengingat untuk menjaga semangat dan memotivasi diri pengusaha
motivasi untuk menjadi seorang pengusaha 
Siapa yang tidak ingin menjadi seorang pengusaha?

Semua orang pasti menginginkannya. ketika kita memilih jalan untuk menjadi seorang pengusaha, itu berarti tidak ada lagi aturan yang perlu kita patuhi dan kita memiliki kebebasan penuh untuk mengatur waktu kita sendiri.

Namun, apakah semua orang memiliki keberanian dan mental untuk menjadi seorang pengusaha?

Tentu saja tidak, ada banyak orang yang ingin menjadi pengusaha tapi tidak siap dengan segala resiko yang akan dihadapi. Entah itu mengalami kerugian, kegagalan atau bahkan sebuah kebangkrutan. Itulah mengapa kamu harus mempunyai mental baja dan semangat yang tinggi. Karena terkadang yang di harapkan tidak sesuai dengan yang di rencanakan.

Apa saja sih hal-hal yang perlu kamu fahami agar selalu semangat dan termotivasi untuk menjadi seorang pengusaha? 

Nah, berikut ini adalah 8 hal yang perlu diingat untuk menjaga semangat dan memotivasi diri untuk menjadi seorang pengusaha!

1.Gagal Dalam Mencoba Lebih Baik Daripada Tidak Sama Sekali. Karena, Gagal Dalam Sebuah Usaha Itu Sudah Biasa


Menjadi pengusaha tidak perlu menunggu usia tua atau sudah bekerja di perusahaan yang besar dan ternama. Berusaha membangun dan menekuni dunia usaha di saat masih muda sebetulnya memberikan kamu banyak keuntungan. Tidak masalah jika kamu sering mengalami berbagai macam kegagalan dalam menjalankan sebuah usaha atau bisnis. Justru jadikanlah hal ini sebagai kesempatan untuk kamu belajar di saat masih muda.

Jadikanlah calon keluargamu nanti sebagai motivasi. Tentunya kamu pengen kan, bisa memiliki pekerjaan namun tak perlu pergi jauh dan tetap bisa berkumpul bersama keluarga setiap saat. Berbagi kasih sayang bersama anak dan istri setiap hari sepertinya menyenangkan bukan?

Nah, karena itulah selalu yakini bahwa kegagalan adalah hal yang biasa terjadi dalam sebuah usaha. Pelajari,fahami dan perbaiki adalah kuncinya.

2. Produk Ataupun Jasa Gagal Dipasarkan? Yakini Saja Bahwa Itu Adalah Proses Untuk Menemukan Orang Yang Tepat


Usaha yang kamu bangun dan tekuni tentunya memiliki sebuah produk maupun jasa yang ditawarkan untuk dijadikan sebagai sumber pendapatan. Namun tidak semua orang tertarik dengan apa yang kamu tawarkan. Bahkan, tak jarang ada banyak orang yang enggan membeli dan menggunakan produk atau jasa itu.

Apa hal ini yang sedang kamu hadapi sekarang?

jangan cemas, kamu tidak sedang mengalami kegagalan dan yakinlah bahwa semuanya pasti akan baik-baik saja. Kamu hanya belum menemukan orang ataupun pasar yang tepat untuk produk ataupun jasa yang kamu tawarkan itu. Tetaplah semangat, tekuni dan jangan pernah menyerah untuk membangun usaha yang sedang kamu jalankan sekarang. Percayalah, segala sesuatu pasti membutuhkan sebuah proses, begitupula dalam memasarkan produk ataupun jasa. 

3. Ubah dan Perluas Sudut Pandangmu


Membangun sebuah usaha memang memaksa kita untuk terus belajar dan memperluas pengetahuan kita. Begitupula dengan sudut pandang yang kamu punya selama ini. selain menjadi seorang produsen kamu juga harus bisa memposisikan diri sebagai seorang konsumen. Dengan begitu kamu bisa memahami apa yang sebenarnya mereka inginkan dan butuhkan.

Sebagai contoh, kamu bisa memberikan teman atau keluarga sebuah tester. Kemudian, mintalah mereka untuk mereview dan memberikan saran maupun kritik pada produk ataupun jasa yang kamu punya. Setelah itu, tariklah kesimpulan dari pendapat mereka dan jadikan semua itu sebagai acuan untuk mengembangkan usahamu.

4. Percayalah Bahwa Gagal Adalah Pahit Yang Manis. Pahit Jika Dirasakan Namun Manis Jika Dinikmati


Seperti yang sudah kita sampaikan di atas, kegagalan adalah hal yang biasa dan lumrah dalam sebuah usaha. Bahkan bukan hanya dalam usaha tapi juga di semua segi kehidupan.

Apakah orang-orang sukses yang namanya seringkali kita dengar tidak pernah mengalami kegagalan?

Tentu saja pernah, bahkan keberhasilan atau kesuksesan yang mereka dapatkan sekarang ini berawal dari berbagai macam kegagalan yang mungkin sama sekali tidak ingin kita rasakan. Sekarang, mungkin kamu sedang merasakan kegagalan yang datang terus-menerus. Namun, percayalah bahwa sebuah usaha tidak akan pernah menghianati hasil. Karena hasil yang akan kamu dapatkan pasti akan sesuai dengan apa yang sudah kamu usahakan.

Nah, ubah mindsetmu sekarang. Jangan pernah pesimis dan menganggap semua kegagalan yang sudah kamu alami sebagai musibah. Anggap saja kegagalan adalah pahit yang manis. Lagipula dari setiap kegagalan yang didapatkan, kamu juga mendapatkan pelajaran, bukan?

5. Perbanyak Relasi


Relasi merupakan unsur yang sangat penting ketika kita sudah memutuskan untuk terjun di dunia usaha. Jangan salah, kurangnya relasi dalam berbisnis bisa saja membuat usaha anda berhenti di jalan.

Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan, seperti bergabung dengan komunitas-komunitas yang memang berkaitan dengan usaha yang sedang kamu jalani atau kamu juga bisa memanfaatkan sosial media seperti Whatsup, Facebook, Twitter, Instagram dan Lain-lain untuk menjalin komunikasi dengan orang-orang baru. Siapa tau rezeki yang akan kamu dapatkan berasal dari orang-orang yang mungkin baru saja kamu kenal.

6. Jangan Malu Bertanya dan Carilah Seorang Pembimbing


Dalam membangun usaha, kamu bukan hanya harus memiliki modal. Tapi, kamu juga harus bisa menerapkan sifat untuk selalu ingin belajar. Dengan sifat ini kamu bisa menjadi lebih bijak dalam mengatasi berbagai masalah yang dihadapi.

Belajar tidak harus kepada orang-orang hebat dengan biaya yang mahal. Kamu juga bisa meminta bantuan kepada sahabat dan keluarga untuk menilai apa saja yang sudah kamu lakukan. Tapi, akan jauh lebih baik jika kamu punya seseorang yang bisa kamu jadikan sebagai panutan dalam membangun usahamu sekarang. Karena, dengan hal itulah kamu bisa lebih memahami apa saja hal yang harus dipertahankan dan dirubah dari usaha atau bisnismu.

7. Tidak Ada Kesenangan Setelah Kepayahan


Sebuah kesuksesan tidak akan pernah bisa kamu dapatkan secara instan. Kamu perlu berusaha keras untuk bisa merasakannya. Bukankah saat ujian dan ingin mendapatkan nilai bagus kamu harus rajin belajar terlebih dahulu?

Begitu pula dalam membangun sebuah usaha atau bisnis, kamu perlu belajar dan bersabar untuk bisa membuatnya berkembang pesat. Ingat, kamu tidak hanya membutuhkan waktu satu hari satu malam. Tapi, kamu juga membutuhkan hari-hari yang lain supaya usahamu bisa mencapai sebuah kesuksesan.

Karena itulah, hargai dan manfaatkan waktumu sebaik mungkin. Jangan sampai semuanya terbuang dengan sia-sia. Hilangkan juga rasa kecewa yang selama ini kamu pendam. Yakinlah bahwa setiap keringat yang keluar dari tubuhmu akan terbalas dengan hasil yang luar biasa nantinya dan memutuskan untuk berhenti sekarang adalah sebuah kesalahan.

Nah, itulah hal-hal yang perlu kamu fahami agar selalu memiliki mental dan semangat yang luar biasa untuk menjadi seorang pengusaha
.
Jika semua itu masih membuat kamu ragu untuk tidak berhenti memutuskan langkah menjadi seorang pengusaha. Maka kamu perlu tahu bahwa Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Hanif Dhakiri menyatakan bahwa saat ini jumlah pengangguran di Indonesia mencapai 7 juta orang dan jumlah itu jauh lebih banyak dibandingkan dengan penyedia lowongan kerja.

Lalu, apakah kamu ingin menambah jumlah pencari kerja di indonesia? atau kamu ingin bisa "menjual telor" tapi mampu memperkerjakan orang lain ?

That is your choice.

1 Response to "8 Pengingat Untuk Menjaga Semangat dan Memotivasi Diri Menjadi Seorang Pengusaha"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel