-->

WOW!! Inilah Gaya Hidup Orang Jepang Yang Harus Kita Contoh

gaya hidup orang jepang
Inilah gaya hidup orang jepang yang harus kita contoh
Setiap bangsa yang ada di dunia ini pasti memiliki kebudayaan serta kebiasaan positif yang berbeda-beda menurut ketetapan negara mereka masing-masing. Kali ini kita akan menuju ke negeri matahari terbit, Jepang. Negara Jepang sangat terkenal dengan tingkat kedisiplinan yang tinggi, penduduk yang cerdas dan pemikiran yang terus kedepan. Maka, tak heran jika negara ini menjadi salah satu negara maju di dunia.

Jepang juga menjadi salah satu negara yang disegani oleh dunia berkat kemahiran mereka dalam mengembangkan ilmu teknologi dan informasi. Kemampuan inilah yang menjadi salah satu faktor majunya negara Jepang.

Jika kita membandingkan antara Indonesia dengan Jepang, pastinya negara kita ini sudah tertinggal beberapa langkah bahkan tertinggal jauh. Hal yang membedakan ini bukanlah dari tingkat kecerdasannya, karena orang-orang Jepang juga pasti tidak semuanya cerdas.

Lantas apa yang menjadi pembedanya?

Hal yang membedakannya ialah Life Style. Jika negara kita mau meniru gaya hidup positif dari negara Jepang ini, dapat dipastikan bahwa negara kita juga tidak akan terlalu jauh berbeda dengan Jepang. Karena pada dasarnya gaya hidup serta pemikiran merekalah yang membuat negaranya menjadi maju seperti sekarang ini, bukan dari kecerdasannya.

Lalu, apa sajakah gaya hidup orang Jepang yang patut kita contoh? simak ulasannya berikut ini.

1. Pekerja Keras


Pastinya hal ini sudah tak asing di telinga kita, namun apakah kita sudah bisa untuk menirunya?
Orang-orang disana memang terlahir menjadi sosok yang pekerja keras dan tak kenal lelah. Pergi pagi pulang malam sudah menjadi hal yang biasa dilakukan disana. Mereka menghabiskan hari-harinya untuk terus bekerja, bahkan hari libur pun mereka akan memilih digunakan untuk bekerja.

Sebuah survey menyebutkan bahwa rata-rata jam kerja orang Jepang mencapai 2450 jam/tahun. Itulah salah satu bukti bahwa orang Jepang memang tipe pekerja keras, bahkan pulang cepat setelah bekerja merupakan suatu hal yang memalukan disana dan merupakan tipe pekerja yang tidak dibutuhkan bagi sebuah perusahaan.

2. Menghormati Orang Lain


Orang Jepang memang dikenal tak terlalu fasih dalam berbahasa inggris. Namun mereka tak merasa sedih ataupun malu, mereka lebih mengutamakan untuk menjunjung bahasa lokal mereka. Kendati demikian, orang Jepang akan selalu bersikap ramah, memberikan senyum, menyapa, memberikan salam pada setiap orang meskipun orang itu tidak dikenalinya. Hal ini memang sudah diajarkan pada setiap masyarakat Jepang sejak balita, maka tak heran kebiasaan baik ini terbawa dan akan terus berjalan sampai kapanpun.

Nah, sudahkah kita bisa untuk menirunya?

3. Malu


Pernahkah kamu mendengar hutan kematian di Jepang yang menjadi salah satu tempat paling angker karena menjadi tempat warga Jepang bunuh diri?

Ternyata hal yang melatar belakangi mereka untuk melakukan aksi bunuh diri ini ialah kegagalan. Pada masa kekaisaran dahulu, istilah harakiri (menusukan samurai ke tubuh) dilakukan karena mereka gagal dalam peperangan, mengapa demikian ?

Karena mereka merasa malu bahwa dirinya telah gagal.

Pada saat ini mungkin orang yang bunuh diri karena gagal masih ada, namun ada juga pemikiran warga Jepang yang sudah sedikit maju. Mereka mengganti istilah bunuh diri ini dengan mengundurkan diri. Jadi, ketika mereka merasa gagal dalam suatu pekerjaan mereka akan mengundurkan diri.

Budaya gagal = malu sudah diajarkan sejak mereka masih berada di usia sekolah dasar dan kebiasaan tersebut terbawa hingga mereka dewasa. Orang Jepang akan merasa sangat malu jika dirinya gagal. Maka dengan demikian wajar saja apa yang mereka lakukan seperti bekerja keras setiap saat, berbanding dengan pemikiran yang mereka miliki yaitu mereka tak mau menahan malu karena gagal.

4. Mandiri


Tingkat kemandirian orang Jepang memang luar biasa dan patut diacungi jempol. Sejak kecil mereka juga sudah terbisa menyelesaikan masalahnya sendiri tanpa harus meminta bantuan dari orang lain. Mereka sudah dilatih untuk memiliki sifat mandiri sejak kecil. Bahkan usia TK disana diajarkan untuk membawa 3 tas besar yang berisikan pakaian, makanan, sepatu, buku-buku pelajaran, handuk dan minum yang terkadang sampai bergelantungan di lehernya.

Selesai SMA dan masuk dunia perkuliahan, masyarakat Jepang cenderung untuk membiayai pendidikannya sendiri. Mereka akan memilih bekerja part time untuk biaya sekolah dan kebutuhan hidupnya sehari-hari. Kalaupun kehabisan uang, mereka akan meminta pada orang tuanya dengan status pinjaman dan akan dikembalikan jika dirinya sudah mempunyai uang.

Harus ditiru nih guys. hehe

5. Hemat


Orang Jepang memiliki kebiasaan hidup yang hemat dalam kesehariannya. Bukan karena pendapatan yang mereka peroleh ini kecil, justru pendapatan orang Jepang termasuk sangat tinggi.

Namun hal ini tidak membuat mereka untuk boros dalam menggunakan uangnya. Tak heran jika wujud dari sikap anti konsumerisme dapat dilihat dari kebanyakan orang disana yang lebih memilih berjalan kaki. Karena biaya hidup disana juga cukup tinggi, maka mereka akan memilih untuk berhemat dan ketika belanja pun mereka hanya membeli sesuatu yang memang dibutuhkan saja. Sementara barang yang tidak dibutuhkan, mereka akan menjauhinya bahkan tidak menyentuhnya sama sekali.

6. Membaca Buku


Sebagian besar masyarakat Jepang akan menghabisakan waktunya dengan sesuatu yang bermanfaat. Salah satunya adalah dengan membaca buku atau apa saja yang sekiranya bisa mengasah otak dan menambah wawasan mereka.

Kebiasaan positif ini dapat kita jumpai misalnya ketika berada di kendaraan umum seperti kereta api. Orang-orang Jepang biasanya akan membaca buku, komik, koran, majalah baik secara cetak maupun elektronik melalui gadgetnya masing-masing. Budaya ini memang sudah kental dengan masyarakatnya dan mungkin tidak akan hilang.

Adakah disini yang sudah mempraktikannya?

7. Menjaga Kesehatan


Banyak makanan yang dijual disana masih dalam keadaan mentah atau stengah matang. Mereka menganggap bahwa makanan yang terlalu lama diolah akan menghilangkan gizi yang terdapat dalam makanan tersebut.

Yogurt, acar, sushi, tofu menjadi makanan favorit bagi orang Jepang karena mereka meyakini dalam makanan tersebut banyak mengandung zat-zat yang baik bagi tubuh. Mudahnya, masyarakat Jepang sangat menyukai makanan yang berasal dari laut. Tak hanya itu saja, makanan yang berupa sayuran mentah juga menjadi salah satu makanan favorit mereka.

Nah, itulah beberapa gaya hidup orang jepang yang harus kita contoh.

Semoga artikel ini bisa membangkitkan semangatmu yah guys! hehe

0 Response to "WOW!! Inilah Gaya Hidup Orang Jepang Yang Harus Kita Contoh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel