-->

3 Tips Mudah Menjadi Content Writer

3 tips mudah menjadi content writer-Content writer adalah sebutan bagi orang-orang yang berprofesi sebagai seorang penulis yang berfokus pada pembuatan konten untuk website, blog dan media online lainnya.

Apakah penulis biasa sama dengan penulis content?

Jawabannya adalah berbeda. Karena, penulis biasa ngga ada tulisan “contentnya” dan penulis content ngga ada “biasanya”. Haha

Okeh, kali ini kita akan berbicara lebih serius, siap?

Mari kita bahas bersama-sama.

Sebetulnya, “penulis biasa” dan “penulis content” itu sama saja, sama-sama penulis. Tapi, penulis content lebih berfokus pada hasil tulisan yang dibutuhkan untuk tujuan tertentu dan jumlah kata pada tulisannyapun lebih sedikit, contohnya artikel, review produk dan lain sebagainya. Walaupun ngga jarang ada blog yang berisi panduan dan jika dicetak bisa menjadi sebuah buku.

Sampai sini faham?

Kalo ngga faham, berarti k e b a n g e t a n. hehe

Sekarang, saatnya kembali ke topik utama.

tips menjadi content writer


Saya yakin saat kalian menemukan artikel ini, berarti kalian sudah tahu tentang content writing, ingin menjadi content writer dan sedang mencari pencerahan tentang bagaimana menjadi seorang content writer.

Nah, karena saya sudah sedikit menjalani kehidupan sebagai seorang content writer, maka saya ingin sedikit berbagi kepada kalian seputar dunia content writer.

Kalo boleh jujur, sebenarnya beberapa hal yang akan saya share ke kalian ini ngga harus kalian lakukan.

Ko gitu?

Iyalah, mau dilakukan atau ngganya kan terserah kamu, kamu dan kamu. Saya ngga bisa maksa dong.hehe

lanjut,

Terjun ke dunia content writing atau menjadi content writer tentu membutuhkan beberapa skill yang wajib dimiliki oleh seorang penulis. (namanya juga nulis)hihi

Tapi, tentu saja semuanya bisa dilatih alias bukan hanya sekedar bakat semata.

Lalu, apa aja sih yang perlu kamu lakukan untuk menjadi seorang content writer? Berikut ulasannya:

Baca juga : Ingin Belajar Menulis? Inilah yang Harus Kamu Lakukan

Content writer harus banyak membaca

Pertama, sesuatu yang wajib dilakukan bagi seseorang yang ingin menjadi  penulis ialah “banyak membaca”.

Kenapa?

Karena dengan membiasakan diri untuk membaca, maka secara tidak langsung kamu sedang melatih otak kamu agar selalu berfikir kreatif.

kreatif, karena ada berbagai macam wawasan, ilmu pengetahuan dan perbendaharaan kata yang kamu miliki.

Sebagai seorang penulis konten, tentu saja kamu dituntut untuk mampu menulis berbagai macam konten dengan topik yang berbeda-beda.

Itulah sebabnya, kalau kamu ingin menjadi seorang content writer atau penulis content, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah rajin membaca.

Belajar SEO

Kedua, hal yang harus kamu lakukan adalah belajar SEO. SEO atau search engine optimation ini berfungsi untuk meningkatkan visibilitas pada artikel atau content agar menjadi lebih baik di mesin pencari utama, yaitu google.

Mengapa SEO ini wajib kamu pelajari?

Karena, content atau artikel yang kamu buat adalah artikel yang akan ditempatkan di sebuah situs web dan pastinya bertujuan untuk dilihat oleh banyak orang. Sehingga, content yang kamu buat harus menarik dan berkualitas.

Belajar SEO bisa dibilang susah, tapi bisa juga dibilang gampang. Semua tergantung pada keseriusanmu dalam belajar.

Namun, kamu tak perlu khawatir. Kamu bisa berlatih menulis sebari belajar SEO secara bersamaan. Karena, hal itu saling berkaitan dan sama-sama butuh praktek.

Berikut ini adalah sekilas tentang apa saja yang perlu dibenahi jika kamu ingin membuat artikel atau konten sesuai SEO :
  1. Temukan kata kunci yang tepat
  2. Dalam membuat judul, haruslah mampu menarik minat pembaca dan mengandung kata kunci.
  3. Jumlah kata dalam artikel minimal 700 kata.
  4. Memakai tehnik SEO yang sesuai.
Untuk lebih lengkapnya, silahkan baca Cara Membuat Artikel 100% SEO.

Menulis di sosial media

Sebagai langkah awal melatih diri untuk menulis, kamu bisa membuat tulisan-tulisan pendek ( caption ) seperti di WA story, Instagram, facebook dan lain sebagainya. Tentu saja, menulis itu mempunyai tujuan kan?

Nah, sebarkan tujuan baikmu itu ke semua orang.

Tapi, cobalah membuat tulisan yang memiliki tema tertentu. Jangan hanya tulisan biasa tanpa makna.hehe

Mengapa?

Karena, seorang content writer atau penulis konten haruslah memiliki keahlian menulis sesuatu dengan tema tertentu.

Setelah kamu lancar membuat tulisan pendek (baca : tanpa nyontek), maka kamu bisa mencoba untuk membuat tulisan yang lebih panjang lagi yaitu membuat sebuah artikel.

Mungkin kamu akan kesusahan saat pertama kali menulis artikel, entah karena susah menyusun kata-kata atau hal yang lainnya.

Tapi, tenang saja. Dalam dunia kepenulisan ada yang disebut dengan tehnik ATM ( amati tiru modifikasi ), yaitu mengumpulkan beberapa data atau referensi yang berkaitan dengan tema artikel yang akan kamu buat, kemudian menggabungkannya dengan menggunakan bahasa kamu sendiri dan menambahkan ide-ide dari pemikiranmu sendiri.

Hal ini bisa kamu lakukan sebagai langkah untuk melatih diri dalam menulis, walaupun pada prakteknya ada juga orang yang bekerja sebagai seorang penulis content, namun menggunakan tehnik ATM ( amati tiru modifikasi ).

Ngga ada yang salah dengan menjadi ATM, tapi akan jauh lebih baik jika kamu mampu membuat sebuah tulisan yang berasal dari idemu sendiri.

Terakhir, kamu harus percaya bahwa semua orang pasti mampu menjadi penulis. Tapi, tidak semua orang ingin menjadi seorang penulis.

Ingat! Satu-satunya cara tercepat agar bisa memiliki skill dalam menulis ialah dengan rajin berlatih.

Itulah beberapa hal yang mungkin harus kamu lakukan terlebih dahulu ketika ingin menjadi content writer dan terjun ke dunia content writing.

Semoga bermanfaat.

0 Response to "3 Tips Mudah Menjadi Content Writer"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel