-->

Apa Itu SEO? Inilah Penjelasan dan Cara Kerjanya

Apa itu SEO? - Ada banyak orang yang masih bertanya-tanya tentang masalah yang satu ini, yaitu SEO.

Jika kamu termasuk orang yang sedang bertanya-tanya itu, maka sekarang kamu sudah menemukan referensi yang tepat.

Insyaalloh… hehe

Okeh…

Pada artikel kali ini, saya akan mengulas apa itu SEO (Search Engine Optimization) dan bagaimana konsep dasarnya. Karena, ketika berbicara tentang mesin pencari, SEO adalah suatu hal yang penting untuk dibahas.

Dengan Belajar SEO, blog yang kamu miliki akan dilihat oleh lebih banyak orang. Jadi, hal ini akan menjadi peluang untuk menjangkau audiens yang lebih besar lagi. Nantinya, kamu dapat mengonversi jumlah pengunjung sebagai sumber penghasilan.

Dengan cara ini, blog yang kamu bangun akan memiliki kesempatan untuk menjadi penduduk halaman 1 google.

pengertian seo dan cara kerjanya


Tenang saja, ilmu SEO ini tidak hanya eksklusif untuk "mastah" saja. Pemula sekalipun pasti bisa untuk memahami dan mempraktikannya!

Nah, sekarang mari kita coba pelajari apa itu SEO.

Apa itu SEO?

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization, yang merupakan upaya untuk meningkatkan intensitas pengunjung dan kualitas traffic ke situs web kita melalui hasil mesin pencarian organik.

SEO itu sendiri dibagi menjadi 2, On Page SEO dan Off page SEO.

  • Apa itu SEO on page?

SEO on page adalah upaya untuk mendapatkan peringkat di mesin pencari dengan mengoptimalkan kinerja pada bagian / struktur halaman itu sendiri. Untuk penjelasan lebih lanjut, silakan baca artikel Cara Optimasi SEO On Page.

  • Apa itu SEO off page?

SEO off page adalah optimasi yang dilakukan dari luar halaman yang nantinya akan mendukung keberadaan halaman utama, bisa berupa backlink, social share dan lain sebagainya. Untuk penjelasan lebih lanjut, silakan baca artikel Cara Optimasi SEO Off Page.

Sejak awal diciptakannya mesin pencari, teknik optimisasi mesin pencari sebenarnya sudah mulai dikenal. Ada banyak versi yang menjelaskan masalah kelahiran SEO untuk pertama kalinya.

Seusai dengan apa yang dilansir dari Search Engine Land, SEO kira-kira lahir sekitar tahun 1991. Artinya, sampai saat artikel ini ditulis, ilmu belajar blog SEO telah ada sejak 27 tahun yang lalu atau bahkan sebelum Google lahir!

Tahun 1990-an adalah titik awal meroketnya popularitas mesin pencari. Pada saat itu jumlah pengguna internet belum sebanyak sekarang, tetapi sudah meningkat lebih pesat dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Internet adalah dunia yang amat sangat luas. Berbagai konten informasi yang ada di internet juga sangat banyak. Namun tanpa adanya mesin pencari, mungkin mustahil bagi kita untuk menemukan semua informasi yang dibutuhkan dengan mudah.

Hal Inilah yang kemudian menjadi alasan utama mengapa pengguna internet membutuhkan sebuah mesin pencari.

Ada dua fungsi dasar dari SEO, yaitu mengindeks dokumen yang ada di semua website dan memberikan jawaban berdasarkan permintaan.

Hasil pencarian yang muncul memang disesuaikan dengan permintaan atau kata kunci yang dimasukkan. Jadi, pada prinsipnya, pengguna internet akan mendapatkan apa yang mereka cari di halaman hasil pencarian berdasarkan kata kunci.

Nah, masalah yang kemudian muncul adalah kualitas informasi yang ditampilkan. Mesin pencari akan berusaha menampilkan informasi atau dokumen dengan kata kunci yang diinginkan.

Siapa yang Tidak Mengenal Google?

Mesin pencari yang dibuat oleh Sergey Brin dan Larry Page ini memang mendominasi dunia pencarian di internet.

Yah, sekarang orang bukan lagi mengatakan “coba cari di internet”.

Tapi, kebanyakan orang lebih sering mengatakan “coba cari di google”.

Bener kan? hehe

Berdasarkan informasi resmi dari Statistik Pencarian Google, setiap hari ada sekitar 3,5 miliar pencarian yang diproses.

Selain Google, sebenarnya ada banyak mesin pencari lain seperti Yahoo!, Bing, dan lain sebagainya. Banyak dari mereka yang akhirnya jatuh dan lenyap ditelan bumi, tetapi banyak juga yang mesin pencari baru yang bermunculan. Akan tetapi, saat ini belum ada yang berhasil menyaingi keunggulan Google.

Ada sebuah alasan mengapa Google dapat mempertahankan posisi nomor satu mereka sampai sekarang.

Pada tahun 1998, Sergey & Larry menerbitkan sebuah makalah di Universitas Stanford berjudul "Anatomi Mesin Pencari Web Skala Besar Hiperteksual".

Makalah ini berisi ide menarik yang disebut Page Rank, sistem peringkat di mesin pencari berdasarkan kualitas konten secara keseluruhan, bukan hanya masalah kata kunci.

PageRank dapat membantu pengguna mendapatkan hasil pencarian yang lebih akurat seperti yang diharapkan. Beberapa ahli menganggap bahwa ini adalah awal dari teknik SEO modern yang diterapkan.

Bagaimana cara kerja SEO?

Untuk memahami cara kerja SEO, kamu bisa membaca berbagai artikel yang terkait dengan mesin pencari.

Ada beberapa istilah yang harus dipahami ketika kita berbicara tentang SEO.
  • Tautan Balik / Tautan Masuk, yaitu tautan yang mengarah ke situs web yang kamu miliki.
  • Tautan Keluar, yaitu tautan yang mengarah ke situs web lain.
  • Black Hat SEO, yaitu teknik SEO untuk meningkatkan peringkat situs web yang dilarang.
  • White Hat SEO, yaitu teknik SEO umum.
  • PageRank (PR), yaitu algoritma pencarian pertama yang dibuat oleh Google. Namun, sekarang sudah digantikan oleh Google Panda, Penguin, dan algoritma baru lainnya.
Yah, sebenarnya pembahasan mengenai SEO tidak akan pernah ada habisnya bahkan sampai anak cucu kita lahir kedunia.hehe

Jadi, ikuti terus update artikel di blog ini sampai akhirnya kamu akan benar-benar memahami bagaimana system kerja SEO.

Okay!

Keuntungan dan Kerugian SEO

Keuntungan SEO :

  • Membawa pengunjung secara gratis. Semakin tinggi peringkat blog di mesin pencari, semakin banyak pula pengunjung yang kamu dapatkan.
  • Memotong biaya iklan. Jika kamu berhasil meningkatkan peringkat blog pada halaman pencarian, secara otomatis keberadaan blog akan lebih mudah ditemukan yang pastinya juga mengurangi anggaran untuk iklan.
  • Mudah menjadi terkenal. Jika peringkat blog kamu baik, orang pasti akan mengingat alamat blog dan akan kembali mengetik URL blog yang kamu miliki secara langsung tanpa perlu melalui perantara mesin pencari.
  • Ada dukungan software / situs web yang dapat digunakan untuk melakukan optimasi termasuk riset kata kunci, pembaruan peringkat, dan saran optimasi untuk menjadi menaikan peringkat sebuah blog.

Kekurangan SEO :

  • Membutuhkan kesabaran dan waktu yang lama. Kamu harus memantau proses optimasi SEO dan pengembangannya secara berkala agar situs web yang kamu miliki bisa memiliki peringkat yang bagus dan mampu mempertahankannya.
  • Peringkat situs web menurun. Jika ada situs web lain yang memiliki halaman dengan konten yang lebih relevan, lengkap, dan menjawab kebutuhan pengguna mesin pencari, ada kemungkinan peringkat situs web kamu akan turun.
  • Ada banyak hal teknis ataupun non-teknis yang harus kamu kuasai untuk mencari tahu faktor apa saja yang dapat menyebabkan peringkat situs web kamu mendapatkan peringkat yang baik atau sebaliknya.
  • kita harus selalu up to date dengan algoritma mesin pencari yang dapat berubah kapan saja sehingga situs web kamu bisa terus mengikuti aturan yang ada dan memiliki kinerja yang bagus.
  • Persaingan ketat. Jika situs web kamu memberikan informasi penting atau digunakan untuk bisnis online, maka semakin sulit untuk melakukan optimasi karena banyak situs web ingin menempati peringkat teratas dengan melakukan SEO.

Kesimpulan

Implementasi SEO bisa dibilang bukan lagi hal yang baru. Hampir setiap hari kita pasti menggunakannya untuk mencari informasi melalui internet, seperti membuka Google dengan menggunakan kata kunci tertentu.

Intinya, SEO berpusat pada penyediaan konten yang menarik, baik untuk pengunjung dan mesin pencari.

Namun, kadang-kadang ketika menulis konten kedua kondisi tidak dapat sepenuhnya diimplementasikan. Konten yang dimaksudkan untuk keperluan SEO mungkin tidak terlalu nyaman untuk dibaca oleh pengunjung karena pengalaman pengguna tidak terlalu banyak diperhatikan.

0 Response to "Apa Itu SEO? Inilah Penjelasan dan Cara Kerjanya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel