-->

[ Arti Gagal ] Menurutku Gagal Itu Pahit yang Manis, Menurutmu?

 Arti Gagal - Kalian pernah dengar kata-kata “ hari ini berbeda dengan hari yang lalu”?

Kalau belum pernah, berarti sekarang jadi pernah... :D

Yah, kali ini saya ngga mau membahas seputar tulis-menulis dan lain sebagainya. Tapi, saya mau sedikit berbagi kepada temen-temen tulisan dari seseorang yang amat sangat saya kagumi.

"Siapa tuh bang?"

Rahasiaaaa... wkwkw

Nah, tulisan ini cocok banget buat kalian yang seringkali merasa bahwa kehidupan itu hanya soal "kegagalan". Mau itu, gagal... mau ini, gagal... Sampe mau bukber ( buka bersama ) juga gagal.

Ya ampun, kasihan banget yaa.. haha

Tapi, entah kita sadari atau tidak.

Sebetulnya ada banyak sekali hikmah yang bisa kita ambil dari setiap kegagalan yang kita alami.

Terus, kenapa kok saya pengen berbagi tulisan soal yang satu ini?

Soalnya saya pernah mengalami sebuah kegagalan yang...

Ahhh, sedih kalo diceritain mah.

Bayangkan saja, orang yang bisa dibilang masih “belia” seperti saya, pernah mengalami "kebangkrutan"  dan punya hutang berjuta-juta rupiah.

Tapi, ya sudahlah kita skip saja...

Yang pasti karena saya mengalami kegagalan itu, akhirnya bisa membuat saya berkenalan dengan dunia yang satu ini, dunia yang Insyaalloh akan menjadi jalan rezeki buat saya dan calon keluarga saya nantinya. Amiin

“Dunia apa tuh bang?”

Dunia ghaib.... hahaha

So, tidak usah berlama-lama lagi, silahkan dibaca sampai titik darah penghabisan yaa...

Oh iya, buat kalian yang penasaran dengan cerita masa lalu saya yang penuh dengan suka-duka ( bahkan mungkin sampai sekarang ), ikuti aja terus blog ini. Insyaalloh suatu hari nanti akan saya share ke temen-temen, siapa tau bisa jadi motivasi buat temen-temen. Hehe

arti gagal menurut noer zakaria

Gagal Itu Pahit yang Manis

Ngomongin soal kegagalan, rasanya memang bikin gak semangat banget. Siapa sih yang ga pernah gagal? Semua orang pasti pernah mengalami kegagalan.

Mungkin kita pernah gagal masuk kampus favorit? Atau gagal di berbagai ajang kompetisi? Atau mungkin pernah gagal juga meluluhkan hati seseorang? Gak apa kok gagal berbagai hal, asal jangan gagal memperbaiki diri.

Berbagai kegagalan yang dialami pasti bikin sakit hati, kecewa, sedih, pengen nangis, bahkan juga bikin kita jadi patah semangat. Nano-nano banget pokoknya. Tak jarang dari kita yang memang enggan untuk bangkit saat baru pertama kali mengalami pedihnya kegagalan.

Ini baru sekali. Padahal dalam hidup ini pasti kita akan mengalami banyak kegagalan. Jatuh bangun yang menyakitkan. Tapi jangan terlalu enggan untuk bangkit, karena gagal itu adalah pahit yang manis.

Yuk kita pahami apa sih sebenarnya kegagalan itu?

  • Kegagalan bukan pematah semangat

Kita rasa pasti pernah denger kalimat “kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda” atau “Kegagalan itu bukanlah kekalahan”. Ngomong dan dengernya sih gampang ya, tapi pada faktanya untuk bangkit dari kegagalan memang butuh tenaga ekstra.

Bahkan terkadang ingin rasanya kita menyalahkan ALLAH, “kenapa sih ALLAH gak adil. Dia berhasil kok aku enggak. Padahal aku sudah berusaha semaksimal mungkin, sedangkan dia biasa saja perjuangannya, tapi kenapa dia yang berhasil”.

Astaughfirulloh……

Sahabatku, rasa sakit, sedih atau mungkin kekecewaan yang mendalam itu memang wajar saja saat kita mengalami kegagalan. Tapi yang tidak wajar itu disaat kita menyalahkan ALLAH untuk situasi seperti ini. Menyalahkan orang lain saja tidak baik, apalagi menyalahkan ALLAH, yang Maha Tau segalanya.

Kita sebagai manusia memang hanya bisa berencana saja, tapi keputusan akhirnya tetap ada di tangan ALLAH. Ia tahu mana yang terbaik untuk hamba-Nya, IA lebih tahu mana yang dibutuhkan hamba-Nya. Serahkan segala rencana kita pada ALLAH, biarkan IA yang akan menghapus rencana yg mungkin menurut ALLAH kurang tepat.

Percayalah, rencana-NYA selalu menjadi skenario terindah. Tapi jangan pernah lupa harus dibarengi dengan usaha yang maksimal dan doa yang tak putus.

  • Jadikan gagal itu sebagai ujian kesabaran

Saat kita gagal, sebenarnya ALLAH sedang menguji kesabaran kita. Banyak orang sukses harus mencicipi dulu pahitnya kegagalan untuk merasakan manisnya keberhasilan di depan sana. Kita yang baru satu dua tiga kali gagal kok langsung patah semangat dan ingin menyerah?

Tidak ada kesuksesan yang instan. Semua itu butuh perjuangan, menerjang batu-batu terjal kehidupan. Sekalipun ada kesuksesan yang didapat dengan instan, pasti tidak akan lama kita menikmatinya. Semua itu butuh proses, maka nikmatilah proses kehidupan ini.

Sukses itu bukan seperti kisahnya Rorojonggrang yang meminta candi harus jadi dalam semalam, atau bukan seperti kisahnya Malin Kundang yang seketika bisa menjadi batu dalam satu kata yang keluar dari lisan ibunya. Atau seperti animasinya Doraemon, saat Nobita minta apa pasti dikasi sama Doraemon. Buat sukses prosesnya ga seinstan itu.

  • Temukan kekuatan dalam kegagalan

Jangan pernah menghakimi kegagalan sebagai kekalahan dan akhirnya membuat keterpurukan dalam hidup. Bersabarlah, karena kegagalan itu sebuah proses menuju kemenangan. So, dari kegagalan harusnya kita bisa belajar memperbaiki kesalahan-kesalahan apa saja yang mungkin membuat kita gagal. Dari kegagalan juga kita akan belajar menyempurnakan proses kita menuju kemenangan.

Bahkan, ALLAH SWT juga sudah memerintahkan kita untuk tidak menyerah dari kegagalan dalam firmannya:

arti gagal menurut noer zakaria

Jadi, sudah sangat jelas kan, tak selamanya kita akan gagal, tak selamanya kita ada dalam kesulitan. Jika kita mau bersabar dan tetap berdoa, tidak menyalahkan siapapun atau menyalahkan diri sendiri. Tetap bersyukur dan mengkoreksi diri. Tetap semangat untuk bangkit dari kegagalan, maka di situlah kemenangan yang sesungguhnya.

Kemenangan melawan ego dalam diri, karena biasanya orang yang sedang dilanda kegagalan dia akan menyalahkan berbagai pihak dan sulit untuk menerima keadaan.

Sahabatku, berdamailah dengan kegagalan. Kegagalan itu bukan hal yang harus dimusuhi apalagi dibenci. Ambil hikmahnya, cari tahu apa saja yang menyebabkan kegagalan, perbaiki untuk proses selanjutnya.

Jangan sampai kita melakukan kesalahan pada kegagalan yang sama. Jangan lupa untuk selalu bersyukur saat ALLAH memberimu kegagalan, karena jika kita tidak pernah gagal, mungkin kita tidak akan pernah mendapatkan kesempatan untuk merasakan pahitnya proses kehidupan yang akan mengantarkan kita pada manisnya kesuksesan.

0 Response to "[ Arti Gagal ] Menurutku Gagal Itu Pahit yang Manis, Menurutmu?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel