Pengertian Artikel Ilmiah dan Contohnya [Lengkap]

Pengertian artikel ilmiah dan contohnya – Dalam dunia tulis menulis tentu kita seringkali mendengar kata artikel, artikel itu sendiri memiliki berbagai macam jenis. Kebutuhan artikel seseorang  yang sedang menempuh pendidikanpun berbeda dengan kebutuhan artikel seorang blogger yang bertujuan untuk dipublikasikan di internet.

Iyalah berbeda, masa sama.hehe

lanjut...

pengertian artikel ilmiah

Pengertian artikel ilmiah

Artikel ilmiah adalah sebutan yang dikhususkan untuk makalah-makalah dikalangan para mahasiswa yang berkaitan dengan pembelajaran dan pendidikan mahasiswa tersebut sebelum menyelesaikan studi.

Menurut pengertian lain, artikel ilmiah secara umum adalah sebuah karya ilmiah yang ditulis dan dimuat ke dalam jurnal ilmiah sesuai dengan kaedah kepenulisan yang mengikuti pedoman ilmiah yang sudah disepakati dan ditetapkan.

Artikel ilmiah bisa diangkat dari banyak hal seperti hasil penelitian di lapangan, hasil laboratorium, hasil pemikiran dan kajian pustaka ataupun hasil pengembangan dari suatu proyek.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa artikel ilmiah adalah artikel yang bersifat ilmiah dan sistematis, sehingga dalam penyusunan sebuah artikel ilmiah kita juga bisa memasukan berbagai angka statistik yang berbentuk table atau nontabel yang didalamnya menggambarkan objek pembahasan suatu hasil daripada suatu penelitian, baik hal itu berupa sampel ataupun populasi.

Publikasi karya ilmiah

Pempublikasian suatu karya ilmiah dalam bentuk jurnal ilmiah bertujuan untuk menyampaikan suatu gagasan atau temuan yang penting agar diketahui oleh pembaca.

Pada umumnya, ide atau gagasan yang ditulis kedalam artikel ilmiah adalah suatu ide atau gagasan yang sifatnya baru, memiliki tingkat originalitas tinggi dan memiliki sumbangsih terhadap kemajuan suatu ilmu pengetahuan tertentu.

Apabila ide atau gagasan yang dimuat sudah bersifat umum, maka biasanya penulis akan menuangkannya dalam bentuk diktat atau buku.

Nah, artikel dengan jenis ini bisa dibilang cukup berbeda dengan artikel pada umumnya, baik dari segi bahasa ataupun susunannya. Karena, artikel ilmiah haruslah berpatokan pada tata cara tertentu dan terkadang terasa kaku, sebab menggunakan bahasa yang formal.

Selain itu, artikel karya ilmiah juga haruslah mampu menunjukan suatu kebenaran dari suatu gagasan yang diangkat di dalam tulisan itu, misalnya saja dengan menyertakan biografi, kutipan, footnote, dan daftar pustaka di setiap akhir tulisan.

Dalam hal ini ada beberapa dimensi yang harus diperhatikan, yaitu :
  • Pertama, dimensi suatu hasil pemikiran dari suatu objek kajian tertentu yang dapat berupa hasil penelitian atau gagasan analisa.
  • Kedua, dimensi bahasa tulis yang dijadikan sebagai alat untuk mempresentasikan suatu hasil pemikiran dalam bentuk satuan makna.
  • Ketiga, dimensi sistematika dijadikan sebagai unsur pembeda anatara karaya tulis artikel ilmiah dengan karya tulis lainnya.
  • Keempat, dimensi kaidah suatu penulisan yang bersifat umum ( universal ) ataupun bersifat selingkung harus ditaati.

Ciri-ciri artikel ilmiah

Nah, setelah kita sama-sama memahami pengertian artikel ilmiah, maka saatnya sekarang kita fahami ciri-ciri dari artikel ilmiah tersebut. Simak ciri-cirinya dibawah ini :
  • Pertama, artikel ilmiah adalah suatu bentuk tulisan yang mengangkat ilmu pengetahuan dan disusun berdasarkan hasil penelitian. Walaupun sederhana, jika artikel tersebut memenuhi unsur yang sudah ditentukan, maka tetaplah disebut artikel ilmiah.
  • kedua, artikel ilmiah adalah hasil tulisan yang bersifat objektif. Maksudnya, segala informasi yang dicatumkan sesuai dengan karakteristik objeknya. Jika suatu saat nanti ada yang melakukan penelitian kembali, maka hasilnya akan tetap sama.
  • Ketiga, Artikel ilmiah haruslah bersifat logis dan empiris, yaitu berdsarkan pada pemikiran ilmiah.
  • Keempat, Artikel ilmiah memiliki susunan yang sesuai dengan karakteristiknya atau sistematis.
  • kelima, penyusunan karya ilmiah harus memiliki rujukan atau referensi. Oleh sebab itu, artikel jenis ini selalu mencantumkan biliografi atau daftar pustaka.
  • Keenam, artikel ilmiah tidak menggunakan kata-kata ambigu yang tidak relavan atau bersifat eksplisit.

Contoh artikel ilmiah

Manfaat Tidur di Siang Hari Bagi Kesehatan

BAB I

PENDAHULUAN

1. Latar Belakang

Kesehatan adalah suatu hal yang wajib dijaga oleh setiap orang. Seseorang tidak akan mampu melakukan berbagai macam aktivitas apabila kesehatan tubuhnya tidak maksimal.

Ada banyak sekali yang bisa dilakukan agar kesehatan senantiasa terjaga. Salah satunya adalah dengan berolahraga setiap hari dan mengkonsumsi makanan yang bergizi. Selain itu, tidur di siang hari juga ternyata memiliki berbagai manfaat untuk tubuh.

2. Rumusan Masalah

a. Apa saja hal yang dapat dilakukan agar kesehatan selalu terjaga?

b. Bagaimanakah pengaruh tidur disiang hari terhadap kesehatan tubuh?

3. Tujuan Penelitian

Untuk mengetahui apa sajakah hal yang dapat dilakukan agar kesehatan tubuh selalu terjaga dengan memahami pengaruh tidur di siang hari terhadap kesehatan tubuh.

BAB II

PEMBAHASAN

Menjaga kesehatan tubuh adalah suatu hal yang wajib dilakukan oleh setiap orang. Berikut ini adalah cara-caranya :
  • Olahraga secara teratur
  • Konsumsi berbagai makanan yang bergizi
  • Konsumsi vitamin dan mineral
  • Tidur dengan cukup
  • Tidak mengkonsumsi minuman beralkohol
Manfaat Tidur di Siang hari

Tidur di siang hari biasanya dilakukan oleh anak-anak di usia dini. Akan tetapi, aktivitas yang satu ini juga banyak dilakukan oleh orang dewasa. Berikut ini adalah manfaatnya :
  • Tidur siang dapat menurunkan tekanan darah
  • Dapat menghilangkan rasa lelah
  • Menurunkan tingkat depresi

BAB III

PENUTUP

Kesimpulan

Tidur di siang hari merupakan aktifitas yang mampu memberikan berbagai manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh seseorang. Namun, tidur siang sebaiknya dilakukan secukupnya saja dan tidak berlebihan. Karena, segala sesuatu yang dilakukan secara berlebihan pasti akan menimbulkan efek negative.

Nah, itulah ulasan seputar Pengertian artikel ilmiah yang sudah saya sertakan juga contohnya.

Semoga bermanfaat.

0 Response to "Pengertian Artikel Ilmiah dan Contohnya [Lengkap]"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel