-->

Pengertian Public Speaking dan Jenis-jenisnya

Public speaking - Yakin nih kalian belum tau apa itu public speaking?

Kalo belum, yuk kita bahas bareng di artikel ini. Hehe

Apa itu Public Speaking?

Public Speaking adalah suatu aktivitas berbicara (komunikasi lisan/komunikasi verbal) yang dilakukan di depan khalayak ( banyak orang ).

Sederhananya, Public Speaking adalah “pembicaraan public” atau seni berbicara di depan banyak orang.

Komunikasi ini mencakup semua aktivitas, termasuk dalam rapat, pembawa acara ( menjadi MC ), diskusi, briefing, mengajar ataupun presentasi.

Menurut Webster’s Third International Dictionary Public Speaking adalah Suatu proses penyampaian pidato yang dilakukan di hadapan public. Public Speaking adalah seni dari bidang ilmu komunikasi verbal yang dilakukan secara efektif dan melibatkan banyak pendengar atau melibatkan audiens atau pendengar.

Sedangkan menurut Wikipedia, Public Speaking adalah suatu proses komunikasi dengan sekelompok orang secara terstruktur yang bertujuan untuk menyampaikan informasi, mempengaruhi ataupun menghibur.

Kalau kita berbicara tentang profesi, tentu semua bidang pekerjaan membutuhkan ilmu atau ketrampilan Public Speaking selama pekerjaannya menuntut untuk berkomunikasi dengan orang banyak.

Walaupun berbicara adalah sesuatu yang biasa kita lakukan sehari-hari, pada kenyataanya berbicara di hadapan banyak orang tidak semudah yang kita kira.

Banyak orang yang minder atau bahkan merasa takut untuk melakukannya, tentu saja dengan berbagai alasan seperti suka merasa gugup, merasa tidak bisa, grogi, ngga biasa ngomong di depan banyak orang, takut salah ucap, takut ng”blank” dan berjuta – juta alasan lainnnya.

Kamu termasuk ngga tuh?... hehe

Tapi tenang aja, semua itu bisa kita hilangkan dengan melakukan latihan Public Speaking.

Baca : Cara Mudah Mendapatkan Uang dari Internet


pengertian public speaking dan jenisnya


Jenis Jenis Public Speaking

Public Speaking itu ngga cuma asal ngomong loh yaa… ada jenis-jenisnya juga.

Nah, berikut adalah jenis-jenis public speaking :
  • Dadakan (impromtu)
Impromtu adalah jenis komunikasi yang dilakukan dengan improvisasi atau tanpa melakukan persiapan sebelumnya.

Biasanya, hal ini dilakukan oleh seseorang yang ditunjuk untuk menjadi pembicara secara langsung untuk menyampaikan suatu informasi kepada audiens, tanpa direncanakan atau mempersiapkan hal-hal seperti tema pembicaraan dan alat pendukungnya.

Nah, kasus seperti ini biasanya membuat perasaan orang yang ditunjuk menjadi terkejut.
  • Naskah (Manuscript)
Manuscript merupakan kegiatan menyampaikan informasi yang dilakukan dengan menggunakan naskah atau catatan yang sudah dipersiapkan sebelumnya.

Biasanya seseorang yang akan menjadi seorang pembicara ataupun menyampaikan presentasi sudah terlebih dahulu menyiapkan catatan mengenai apa saja yang akan disampaikan.

Sebenarnya hal ini adalah sesuatu yang baik dan mungkin harus kita lakukan…

Tapi sayangnya, banyak orang yang akhirnya ketika berbicara justru hanya membaca naskah yang sudah ia buat.

Ibarat pidato, ini sih namanya membacakan naskah pidato, bukan berpidato… hehe
  • Hafalan (Memoriter)
Nah, kalo yang ini sama seperti manuscript, hanya saja si pembicara melakukan persiapan dengan menghafal dari teks atau naskah yang sebelumnya sudah dibuat.

Kelemahan dan kelebihannya juga hampir sama dengan manuscript.

Kalo ini sih ngga recommended banget yaa…

Soalnya, sekali saja kamu lupa dengan hafalan kamu, maka akan terjadi kegagalan pada presentasi yang sedang kamu lakukan.
  • Ekstempore
Ekstempore adalah Jenis Public Speaking yang paling baik untuk dilakukan dibandingkan dengan jenis lainnya. Karena, si pembicara mempersiapkan materi yang akan disampaikan dengan memahami garis besarnya saja, dan saat presentasi di jelaskan dengan lebih mendetail.

Nah, sekarang udah faham kan apa itu public speaking.

Semoga informasi ini bermanfaat. Thk

0 Response to "Pengertian Public Speaking dan Jenis-jenisnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel